Senin, 21 Agustus 2017

Surah bahasan pada و بعد



                                       Beberapa bahasan pada  و بعد




 (1) و  pada و بعد  bisa di jadikan waw  ‘Athaf  yaitu ‘athaf barang sebelumnya      kepada    barang sesudahnya,atau  ‘athaf  qias di atas qias,sebahagian  ulama mengatakan waw disitu  waw naebah (نا ئبة) artinya waw  pergantian dari أما,  أما disini berfaedah mujarrat taukid dan thafshil.

(2) Kedudukan: و بعد di pahami dari kata-kata orang arab yaitu suatu kalimat yang bertujuan untuk memindahkan satu atau beberapa perkara kepada perkara lain(maksud perkara).

maka kalimat و بعد  ini tidak boleh di tempatkan dua satuan kalam,serta tidak boleh di awal kalam dan di akhirnya.
kalaupun  di dapatkan و بعد   terdapat antara dua kalam yang berbeda maka kalam itu di namakan تخلص (kalam ringkas), contoh :
إمطلع الشمشى تبغى أن تؤم بنا #  فقلت كلا و لكن مطلع الجود         
         
jika terdapat و بعد  antara dua kalam yang sama dari segi lafad dan makna,maka kalam itu di namakan kalam اقتضا بامحضا  (semata-mata ringkas),tapi jika persaman bukan maksud asal atau  bagian kalam maka kalam itu namanya اقتضا بامشوبا contohnya:
لو رآي الله في الشيب خيرا    جاورته الامراد ف الخلد شيبا
كل يوم تبدى صروف الليالي خلقا من آبى سعيد غريبا

(3) Maknanya: و بعد   lawan dari  قبل   ,di samping itu و بعد  ini juga di pakai sebagai dharaf zaman, sedikit untuk dharaf makan,tapi kalau di atas di pakai kusus sebagai dharaf zaman.
.
(4)  I’rab  و بعد  adalah : kalimat ini di’rabkan dengan harkat yang tiga yaitu zhummah patah dan kasrah,tetapi kalau dibina maka dengan harkat patah.



(5) Amel pada و بعد   adalah : waw sebagai  ‘athaf  diganti dari  lafad  أما , yang  ditakdirkan أقول  atau kalimat lain,jika muta’alaknya syarat maka ditakdikan fiil syarat seperti : مهما يكن من شئ بعد
Atau bisa  juga amel  padanya و naibah dari اما   yang naibah dari  مهما maka ditaqdirkan :  مهما يكن من شئ فأقول بعد

(6)  Asal  و بعد :lafad ini tukaran dari أما,أما hasil tukaran dari مهما asalnya  مهما يكن من شئ   itu jika di’irab و  naibah,tapi kalau و Ataf ‘atifah maka asalnya و أقول بعد   
(7)  Hukum mendatangkanبعد و adalah lstishaf(mengikuti nabi),Karena nabi didalam setiap membaca khutbah selalu membaca و بعد .

(8)  Orang yang pertama kali ucap وبعد  terdapat dalam bait dibawah ini,
جرى الخلف اما بعد من كان بأدثا # بها خمس أقوال زداود أقرب
و كانت له فصل الخطلب وبعده #  فقسى فسبحان فكعب فيعرب

(9)  Adapun  فا  sesudah وبعد   jika kita maksud و   ‘Atifah atau  ‘Ataf  makaفا  berfaeda ziazah ,jikaو  dimaksud naiba dari أما maka  فا rabet bagi jawab(sawi h.6)

Oleh : Muhammad Akbar Al Mahally


Tidak ada komentar:

Posting Komentar