(1) و pada و بعد bisa
di jadikan waw ‘Athaf yaitu ‘athaf barang sebelumnya kepada
barang sesudahnya,atau ‘athaf qias
di atas qias,sebahagian ulama mengatakan waw disitu waw naebah (نا ئبة)
artinya waw pergantian dari أما, أما disini berfaedah mujarrat taukid dan
thafshil.
(2) Kedudukan: و بعد di pahami dari kata-kata orang arab yaitu suatu kalimat
yang bertujuan untuk memindahkan satu atau beberapa perkara kepada perkara
lain(maksud perkara).
maka
kalimat و بعد ini tidak boleh di
tempatkan dua satuan kalam,serta tidak boleh di awal kalam dan di akhirnya.
kalaupun di dapatkan و بعد terdapat antara dua kalam yang berbeda maka
kalam itu di namakan تخلص (kalam ringkas), contoh :
إمطلع الشمشى تبغى أن تؤم بنا #
فقلت كلا و لكن مطلع الجود
jika
terdapat و بعد antara dua kalam yang
sama dari segi lafad dan makna,maka kalam itu di namakan kalam اقتضا بامحضا (semata-mata ringkas),tapi jika persaman bukan
maksud asal atau bagian kalam maka kalam
itu namanya اقتضا بامشوبا contohnya:
لو رآي الله في الشيب خيرا ⫷ جاورته الامراد ف الخلد شيبا
كل يوم تبدى صروف الليالي ⫷ خلقا من آبى سعيد غريبا
(3)
Maknanya: و بعد lawan dari قبل ,di samping itu و بعد ini
juga di pakai sebagai dharaf zaman, sedikit untuk dharaf makan,tapi kalau di
atas di pakai kusus sebagai dharaf zaman.
.
(4) I’rab و بعد adalah : kalimat ini di’rabkan dengan harkat
yang tiga yaitu zhummah patah dan kasrah,tetapi kalau dibina maka dengan harkat
patah.
(5)
Amel pada و بعد adalah : waw
sebagai ‘athaf diganti dari
lafad أما , yang ditakdirkan
أقول atau kalimat lain,jika muta’alaknya syarat
maka ditakdikan fiil syarat seperti : مهما يكن من شئ
بعد
Atau
bisa juga amel padanya و naibah dari اما yang naibah dari مهما maka ditaqdirkan : مهما يكن من شئ فأقول
بعد
(6) Asal و بعد
:lafad ini tukaran dari أما,أما hasil tukaran dari مهما asalnya مهما يكن من شئ itu
jika di’irab
و naibah,tapi kalau و Ataf ‘atifah maka asalnya و أقول بعد
(7) Hukum mendatangkanبعد
و adalah lstishaf(mengikuti
nabi),Karena nabi didalam setiap membaca khutbah selalu membaca و بعد .
(8) Orang yang pertama kali ucap وبعد terdapat dalam bait dibawah ini,
جرى الخلف اما بعد من كان بأدثا # بها خمس
أقوال زداود أقرب
و كانت له فصل الخطلب وبعده # فقسى فسبحان فكعب فيعرب
(9)
Adapun فا sesudah وبعد jika kita maksud و ‘Atifah atau ‘Ataf
makaفا berfaeda ziazah ,jikaو dimaksud naiba dari أما maka فا
rabet bagi jawab(sawi h.6)
Oleh : Muhammad Akbar Al Mahally
Tidak ada komentar:
Posting Komentar