Senin, 21 Agustus 2017

Amel 100 dalam kitab Tahrirulaqwal dgn logat Aceh



                          Contoh-contoh amel 100 dalam kitab tahrirul aqwal logat Aceh
بزيد     داء     
Sabet dengan si zait itu peunyaket
سرت من  البصرة الى الكو فة  
 Aku berjalan dari negara basarah hingga negara kufah.     
     زيد  فى  الدار 
Bermula si zait (nama seseorang) itu sabet dalam rumah.
رميت  السهم  عن القوس    
Aku lempar akan anak panah jauh dari gagangnya.
            و الله لا  ا فعلن  كذا       
Demi Allah sungguh tidakaku perbuat akan demikian.
 با الله لا  ا فعلن  كذا 
 Demi Allah sungguh tidak aku perbuat akan demikian.
تا الله لا  ا فعلن  كذا   
Demi Allah sungguh tidak aku perbuat akan demikian.
المال  لزيذ   
Dermula harta itu milik bagi si zait (nama seseorang).
  رب  رجل  كريم لقيته          
 Sedikit bermula orang laki yang mulia dianya,yang aku jumpai akannya orang laki.
 و بلدة  ليس  بها انيس 
 Sedikit negara tidakada di dalam negara itu perempuan.
زيد  على  السطح
 Bermula si zait (nama seseorang) itu sabet di atas loteng.
زيد   كلاسد
 Bermula si zait (nama seseorang) itu seperti singa.
ما رئيت  زيدا مذ  يوم  الجمعة
 Tidak aku lihat akan si zait (nama seseorang) semenjak hari jum’at.
ما رئيت  زيدا منذ يوم  الخمس
 Tidak aku lihat akan si zait (nama seseorang) semenjak hari kamis
اكلت السمكة  حتى رائسيها
 Telah aku makan akan ikan sehingga kepalanya ikan.
  جاء نئ القوم  حشا  بكر
 Telah datang akan saya oleh satu kaum kecuali si bakar.
جاء نئ  القوم عدا عمر
 Telah datang akan saya oleh satu kaum kecuali si umar.
جاء نئ القوم  خلا زيد
 Telah datang akan saya oleh satu kaum kecuali si zait (nama seseorang).
ان زيدا قائم
 Bahwa sungguh si zait (nama seseorang) itu berdiri dia nya zait (nama seseorang).
بلغنى ان زيدا قائم
 Telah sampai akan aku,oleh bahwa
 sungguh si zait (nama seseorang) itu yang berdiri.
كئان  زيد اسد
  Seolah-olah si zait (nama seseorang) itu singa
زيد  شجاع لكنه بخيل
 Bermula si zait (nama seseorang) itu berani,tetapi dia nya zait (nama seseorang) itu kikir.
ليت  الشباب يعود يوما
  Cita-cita lah muda,itu akan kembali dia nya muda pada suatu hari.
لعل الساعة قريب  
 Mudah-mudahan qiamat itu hampir.
ما زيد قئما
  Tidaklah si zait (nama seseorang) itu yang berdiri.
لا رجل افضل منك
 Tidaklah laki-laki itu lebih mulia dari engkau.
استوى الماء والخشبة
 Bersamaan lah air bersama batu.
خرج الناس الا  زيدا
 Telah keluarlah manusia kecuali si zait (nama seseorang).
يا عبد الله
  Wahai hamba Allah.    
ايا عبد الله
  Wahai ‘abdallah
هيا  طا لعا جبلا
  Wahai yang naik akan gunung.
اي عبد الله  
 Wahai ‘abdallah.
ا عبد الله  
 Wahai ‘abdallah.
اريد  ان يقوم زيد
  Aku kehendaki akan bahwa berdirilah si zait (nama seseorang).
لن يخرج عمرو
Tidak keluarlah si umar.
جئتك كى تكرمني
 Aku datang akan engkau supaya engkau mulya kan akan aku.
قول الرجل انا اتيك فتقول اذا اكرمك
 Bermula kata laki-laki,itu bermula saya,itu saya datang akan engkau, maka niscaya engkau kata,tiba-tiba aku mulya akan engkau.
ان تضربنى اضربك
 Jika engkau pukul akan saya,niscaya saya pukul akan engkau.
لم يقم زيد
 Tidak berdirilah si zait (nama seseorang).
لما يخرج الاميرو
Tidak keluarlah raja.
لينفق  ذو سعة من سعته  
Hendak di nafaqahi oleh yang mempunyai keluasan,dari pada keluasannya seseorang.
لا تخف ولا تحزن
Jangan engkau takot dan jangan engkau gundah.
من يعمل  سوءا  يجز به
 Bermula  si man yang mengerja dia nya man akan kejahatan,niscaya di balaskan akan dia nya man, dengan kejahatan.
ما تفعلوا من خير يعلمه الله
 Bermula barang itu yang kamu kerjakan dari pada kebaikan,niscaya mengetahui akannya barang oleh Allah.
ايهم  يضربنى اضربه
Bermula serimana itu memukul dia nya seseorang akan saya,niscaya aku pukul akan dia nya seseorang.
متى اضع العمامة  تعرفو نى
 Kapan-kapan aku letak akan surban,niscaya kamu kenal akan saya.
مهما تقم  اقم
Kapan-kapan enkau berdiri,niscaya aku berdiri.
اينما تكو نوا يدر ككم الموت
 Pada serimana adalah kamu,niscaya memperdat akan kamu oleh mati.
انى تنزل انزل
  Kapan-kapan engkau turun niscaya aku turun.
حيثما تستقم يقدر لك الله نججا فى غابر الازمان
 Tempat sekira-kira kamu berlaku lurus,niscaya mentakdir  bagi engkau oleh Allah,akan kelepasan pada sepanjang zaman.
اذما  تقرء اقرء
Kapan-kapan engkau baca niscaya aku baca.
رايت احد عشر كوكبا
Telah aku lihat akan sembilan..!apa dia nya sembilan?...bintang.
رايت اثنى عشر كوكبا
Telah aku lihat akan dua belas..! apa dia nya dua belas...? bintang.
عندى عشرون درهما
 Sabet di sisiku itu dua puluh..! apa dia nya dua puluh...?dirham.
ملكت تسعين نعجة
Telah aku milik akan sembilan puluh! Apa dia nya sembilan puluh...? biri-biri
كم عبدا  ملكت
Akan berapa..?apa dia nya berapa?nisbah hamba yang aku miliki.
كائين  درهما عندى
 Bermula berapa..?apa dia nya berapa..?nisbah dirham itu di sisi ku.
عندى كذا درهما
Sabet di sisiku itu sekian.!apa dia nya sekian..?nisbah dirham.
رويد  زيدا.........  اى امهله
 Pertangguhkan olehmu akan si zait (nama seseorang).
بله  زيدا .......... اى  دعه
Tinggalkan olehmu akan si zait (nama seseorang).
عليك زيدا ......... اى الزمه
 Lazemkan oleh mu akan si zait (nama seseorang).
دونك  زيدا ........ اى  خذه
 Ambilkan olehmu akan si zait (nama seseorang).
هاء زيدا .......... اى خذه
 Ambilkan olehmu akan si zait (nama seseorang).
حيهل  الشريد............. اى ائته
 Datangkan olehmu akan syarid.
هيهات زيد ........... اى بعد
Telah jauh oleh si zait (nama seseorang).
سرعان زيد......... اى اسرع
 Telah bersegeralah si zait (nama seseorang).
شتنا زيد وعمر .......... اى احزفا
Telah berselisih paham oleh si zait (nama seseorang) dan si umar.
كان  الله عفورا رحيما
 Adalah Allah itu maha pengampun lagi maha penyanyang.
صار الطين خزفا
Jadilah tanah itu periuk.
ظل  زيد مضطجعا
 Jadilah si zait (nama seseorang) itu yang berbaring dia nya zait (nama seseorang).
بات زيد معتكفا
 Jadilah si zait (nama seseorang) itu yang i’tikaf  dia nya zait (nama seseorang).
ما زال زيد مصليا
Senantiasa-lah si zait (nama seseorang) itu yang sembahnyang dia nya zait (nama seseorang).
ما برح عبد الله متعبدا
Senantiasa-lah ‘abdallah itu yang i’badah dianya ‘abdallah.
ما انفك  عبد الله  طا لبا   للعلم
Senantiasa-lah ‘abdallah itu yang tuntut dia nya  ‘abdallah  bagi ilmu.
 ما فتئ عبد الله  مدرسا
Senantiasa-lah ‘abdallah itu yang belajar dia nya ‘abdallah.
اجلس ما  دام زيد جالسا
Duduk olehmu,selama kekal-lah si zait (nama seseorang) itu,yang duduk  dia nya zait (nama seseorang).
ليس البخيل  ممدوحا
 Tidak –lah kikir itu yang di pujikan akan dia nya kikir.
عسى زيد ان يخرج
 Harap-harap-lah si zait (nama seseorang) itu bahwa keluar dia nya zait (nama seseorang).
كاد زيد ينطق
 Hampir-lah si zait (nama seseorang) itu bebicara dia nya zait (nama seseorang).
اوشك  يوسف  ان يغضب
Harap-harap-lah yusuf bahwa murah dia nya yusuf.
كرب عابد  أن يصلي
Hampir-lah ‘abid bahwa sembahyang dia nya’abid.
نعم  الرجل  زيد
 Sebaik-baik jenis laki-laki itu si zait (nama seseorang).
بئست  المرءة  هند
 Sejahat-jahat jenis perempuan itu si hindun.
ساء الرجل   بكر
 Seburuk-buruk jenis laki-laki itu si bakar.
حبذا   الرجل   محمد
Sebaik-baik jenis laki-laki itu si muhammad.
حسبت  زيد  قائما
 Aku kira akan si zait (nama seseorang) akan yang berdiri dia nya zait (nama seseorang).
خلت  عمرا  فاضلا
 Aku sangka akan umar akan yang lebih dianya  umar.
ظننت  زيد  قائما
 Aku sangka akan si zait (nama seseorang) akan yang berdiri dia nya zait (nama seseorang).
رأيت زيدا   اجلا
 Aku yakin akan si zait (nama seseorang) akan yang bersegera dia nya zait (nama seseorang).
علمت  زيد صئما
 Aku yakin akan si zait (nama seseorang) akan yang berpuasa dianya zait (nama seseorang).
وجدت  عمرا   صا ئما
Aku dapat akan si umar akan yang tidur dianya umar.
زعمت  عمرا شاخصا
Aku sangka akan umar akan orang begok.

Oleh ; 
Muhammad Akbar Al Mahally

1 komentar:

  1. Stainless Steel Plated Plated T-Shirt: "Premium"
    The T-Shirt offers a mens titanium braclets wide variety of different types of premium stainless steel with two separate pockets to add to titanium piercing jewelry your pocket for extra longevity. titanium hammer The unique stainless steel  Rating: 4.9 · titanium tv ‎1 review · ‎$14.00 · ‎In stock titanium drill bits

    BalasHapus